ALVIN ARIFIN

Statistik secara sederhana merupakan sekumpulan angka, tabel, maupun diagram. Secara sederhana alat yang digunakan dalam mengumpulkan angka, tabel dan membuat diagram yaitu microsoft excel. Ketika berbicara penelitian ilmiah, maka uji yang digunakan uji kausalitas.

Menganalisis data yang digunakan untuk mencari pengaruh antar variabel disebut dengan uji kausalitas. Banyak cara dalam menganalisa pengaruh antar variabel. Beberapa cara yang digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Regresi Sederhana

Regresi sederhana digunakan untuk menguji dua variabel saja. Variabel yang dimaksud adalah satu variabel bebas (independent variable) dan satu variabel terikat (dependent variable). Variabel bebas biasanya diberi symbol (x) sedangkan variabel terikat biasanya diberi symbol (y). Alat analisis yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS).

2. Regresi Berganda

Regresi berganda biasanya digunakan untuk menguji lebih dari dua variabel. Pengujian lebih dari satu variabel bebas (independent variable) dan cukup satu variabel terikat (dependent variable) sudah dapat dikatakan regresi berganda/ ganda. Alat analisis yang digunakan adalah Statistical Product and Service Solutions (SPSS).

3. Structural Equation Modeling (SEM)

Structural Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji pengaruh antar variabel dengan menggunakan variabel penghubung. Variabel yang dimaksud adalah bisa satu variabel bebas (independent variable) dan satu variabel terikat (dependent variable), kemudian diantara keduanya ada variabel penghubung yaitu dapat berupa variabel mediasi, mediator ataupun intervening. Alat analisis yang digunakan adalah Analysis Moment of Structural (AMOS) ketika sampel di atas 100, sedangkan ketika sampel di bawah 100 dapat digunakan adalah Partial Least Square (PLS).

Silahkan masukkan kendala serta permintaan anda pada form dibawah ini!